Launching Pelayanan Publik Berbasis Online Kota Malang

Launching Pelayanan Publik Berbasis Online Kota Malang (7/4 21)

Malang – Dalam peringatan Hari Ulang Tahun ke-107 Kota Malang, Pemerintah Kota Malang mengadakan beberapa kegiatan. Salah satunya yaitu mengadakan layanan publik berbasis elekronik dalam kegiatan bertajuk Launching SPPT PBB dan Gebyar Panutan Pajak Daerah Kota Malang. Acara yang diadakan di Balai Kota Malang ini dihadiri langsung oleh Forkopimda Kota Malang. Ketua TP PKK Kota Malang, ibu Hj. Widayati Sutiaji bersama Waka I TP PKK Kota Malang, ibu Hj. Ely Estiningtyas Sofyan Edi Jarwoko juga turut hadir dalam peremian kegiatan tersebut.

Dalam satu kegiatan terdapat beberapa layanan publik berbasis online yang di resmikan.
Pertama, Launching SPPT PBB oleh Bapenda yang memiliki aplikasi e-SPPT sehingga apabila wajib pajak tidak memperoleh SPPT PBB bisa membuka dan mencetak sendiri dengan memasukkan nomor objek pajak di pajak.malangkota.go.id/sppt.

Bapenda bekerja sama dengan Bank Jatim untuk menyempurnakan aplikasi tersebut dalam hal pembayaran. Selain bank jatim, pembayaran SPPT PBB dapat dilakukan di toko modern terdekat seperti Indomaret, Alfamart, marketplace seperti Tokopedia dan aplikasi pembayaran seperti Gopay.

Kedua, aplikasi Si Apel atau Sistem Informasi Aplikasi Pelayanan Elektronik oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang. Melalui siapel.malangkota.go.id masyarakat dapat dengan mudah mengurus surat seperti akta pencatatan sipil, KTP elektronik, surat pindah, serta Kartu Identitas Anak (KIA).

Ketiga, layanan publik online Simbahe oleh Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang. Masyarakat dapat dengan mudah memesan fasilitas kegiatan olahraga yang diinginkan secara online. Pembayaran pun dapat dilakukan secara elektronik, seperti sewa lapangan bola, tenis, basket, voli, kolam renang, dan sewa GOR Ken Arok.

Dan terakhir, Dinas Perhubungan Kota Malang juga launching layanan penerimaan retribusi parkir dan pembayaran non tunai untuk uji KIR.

 

#layananonline
#layananpublikonline
#layananpublikonlinekotamalang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*