Apresiasi Lansia di Kota Malang, TP PKK Kota Malang Gelar Lomba Senam Lansia

Dalam rangka menyambut Hari Ibu dan pelaksanaan penguatan kelembagaan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga, Tim Penggerak (TP) PKK Kota Malang mengadakan lomba senam lanjut usia (lansia).

Ketua TP PKK Kota Malang, Hj. Widayati Sutiaji, S.Sos., MM membuka kegiatan di Gedung Kartini Imperial Ballroom, Senin (5/12/2022). Dalam sambutannya, Widayati mengucapkan terima kasih kepada ibu-ibu yang sudah memasuki jelang usia lima puluh tahun (JELITA) dan Lolos Usia Lima Puluh Tahun (LOLITA) yang telah melaksanakan hidup dengan penuh semangat.

“Kegiatan lomba senam lansia ini adalah cara kami untuk mengapresiasi lansia di Kota Malang dan juga sebagai salah satu wadah untuk melaksanakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), lansia sehat dan panjang usia yakni lansia yang aktif, mandiri, dan produktif,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa para lansia di Kota Malang adalah lansia yang sehat dan produktif dan berperan sebagai agen perubahan di lingkungan keluarga, masyarakat sekitarnya dalam mewujudkan keluarga yang sehat.

“Alhamdulillah di Kota Malang, berdasarkan data Dinkes, LOLITA nya meningkat. Artinya usia harapan hidupnya meningkat meskipun di sisi lain produktivitas mereka menurun. Ini sebagai indikator yang menunjukan semakin sehatnya penduduk Kota Malang.

Lomba berlangsung meriah berkat teriakan dukungan dari masing-masing suporter. Lomba senam lansia diikuti 15 tim. Di mana masing-masing tim peserta berjumlah 10 orang. Kriteria penilaian mulai dari penampilan dan teknik, kekompakan, dan kostum.

Berdasarkan hasil penilaian juri, terdapat enam pemenang dalam perlombaan ini. Kelurahan Kebonsari juara tiga, Kelurahan Kedungkandang juara dua, dan juara pertama Kelurahan Dinoyo. Untuk juara harapan pertama diraih Kelurahan Purwantoro, juara harapan kedua Kelurahan Lesanpuro, dan juara harapan ketiga Kelurahan Lowokwaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*