Sosialisasi dan Advokasi Kebijakan Pemerintah Daerah Terkait Penyelenggaraan PAUD HI

Malang – PAUD HI (Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif) adalah upaya pengembangan anak usia dini yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan esensial anak yang beragam dan saling terkait secara simultan, sistematis, dan terintegrasi. (29/12/2022)

Dalam pertemuan ini para peserta diberikan kesempatan untuk berdiskusi dengan Pokja Bunda PAUD Kecamatan dan Kelurahan di Kota Malang. Peserta saling berbagi informasi mengenai bagaimana penyelenggaraan PAUD HI.

Pendidikan anak usia dini adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar (SD) yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai usia 6 tahun.

Hal tersebut dapat dilakukan dengan pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki persiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

Untuk memenuhi hak esensial anak pada program pengembangan PAUD holistik integratif (HI) terdapat 5 layanan yang harus dipenuhi.
Adapun diantaranya meliputi :
1.) Layanan pendidikan
2.) Layanan kesehatan, gizi dan perawatan
3.) Layanan pengasuhan
4.) Layanan perlindungan, dan
5.) Layanan Kesejahteraan 5 layanan

Beberapa hal tersebut adalah pondasi pendidikan bagi anak usia dini dalam meletakkan dasar pengembangan sikap, keterampilan, pengetahuan hingga daya cipta bagi anak usia dini.

Kegiatan ini adalah sebagai upaya memberikan layanan pendidikan, memperluas dan meningkatkan akses dan mutu layanan PAUD bagi anak usia dini (0-6 tahun) yang diselenggarakan secara terpadu, holistik dan integratif.
Sosialisasi Peratural Walikota terkait PAUD HI ini diharapkan kedepannya dapat meningkatkan semangat lagi kepada pada gugus tugas PAUD HI untuk mewujudkan PAUD yang terakreditasi. Dan harapnnya seluruh PAUD di Kota Malang dapat terakreditasi.

Pelaksanaan PAUD HI dilakukan secara simultan, sistematis, menyeluruh, terintegrasi dan berkesinambungan untuk mendukung tumbuh kembang yang optimal demi mewujudkan anak yang sehat, cerdas dan berkarakter sebagai generasi masa depan yang berkualitas dan kompetitif.

Bunda PAUD Kota Malang menyampaikan “Perempuan harus berdaya, kreatif, dan terus berinovasi. Ibu adalah masdrasah pertama bagi anak-anaknya, sehingga pendidikan karakter juga penting diterapkan sejak dini. Maka dari itu, semoga dengan adanya PAUD HI ini di Kota Malang melalui ibu-ibu hebat dan Gugus tugas PAUD HI ini dapat mencetak generasi nusa dan bangsa yang membanggakan”. ujarnya

PAUD… Sehat! Cerdas ! Ceria!

#paud #paudhi #holistikintergatif #paudindonesia #malang #paudmalang #pkk #pkkkotamalang #malangkota #pemkotmalang #walikotamalang #arema #paudmalang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*