AktivitasArtikelPilihanPokja 4

Kegiatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat 1 Rumah 1 Jumantik

Malang – Kegiatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) 1 Rumah 1 Jumantik (14/8 2019).

Kegiatan yang bertempat di Gedung Kartini pada hari rabu ini dihadiri oleh semua pengurus PKK Kota Malang, Ketua PKK Kecamatan se-Kota Malang beserta Pokja 4 Kecamatan se-Kota Malang dan Ketua PKK RW yang memiliki Taman Posyandu.

Hj. Widayati Sutiaji selaku Ketua TP PKK Kota Malang dalam sambutannya menuturkan bahwa masalah kesehatan terbesar saat ini justru pada penyakit tidak menular (PTM). Kesehatan masyarakat erat kaitannya dengan perilaku dan lingkungan. Dalam menjaga kesehatan sebenarnya bisa diatasi dengan melakukan perilaku hidup bersih dan sehat, contohnya dengan melakukan aktivitas fisik, mengkonsumsi buah dan sayuran, melakukan pembersihan kesehatan secara total dan berkala. Gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS) menjadi sebuah pilihan dalam mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang lebih baik.

Upaya untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat itu diantaranya melalui pemberatasan dan pencegahan terhadap penyebaran DBD, dengan cara menetapkan satu rumah satu juru pemantau jentik (jumantik). Karena upaya ini sangat efektif, karena jumantik merupakan anggota masyarakat yang dilatih oleh puskesmas untuk memantau keberadaan dan perkembangan jentik nyamuk guna mengendalikan penyakit DBD. – tutur Hj. Widayati Sutiaji.

Gerakan ini bertujuan menurunkan angka penderita dan angka kematian akibat DBD dengan meningkatkan peran serta dan pemberdayaan masyarakat berbasis keluarga untuk melakukan pencegahan. Seluruh masyarakat juga diharap turut berperan aktif mencegah perkembangbiakan nyamuk, khususnya jentik nyamuk aedes.

#pkk
#pkkkotamalang
#pkkmalang
#pkkarema
#malangkota
#arema
#malangbermartabat
#malangkucecwara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *