ArtikelBeritaPilihanPokja 3

Urban Farming Penggagas Penganugerahan KDI 2019 kepada Walikota Malang

Padang – Walikota Malang, Drs. H. Sutiaji hadir diacara penganugerahan KDI 2019 yang diselenggarakan Koran Sindo bersama dengan Hj. Widayati Sutiaji selaku Ketua TP PKK Kota Malang, yang digelar di Kantor Gubernur Sumatera Barat. Urban Farming Kota Malang inilah yang menghantarkan penghargaan Kepala Daerah Inovatif Tahun 2019 Kategori Ekonomi dan Investasi dalam acara tersebut, Kamis (22/8/2019).

Tim Penggerak PKK Kota Malang ini juga menjadi sarana pengendalian inflansi di Kota Malang guna menghijaukan lingkungan melalui Urban Farming. “Program Urban Farming harus terus digaungkan di Kota Malang; tujuannya adalah untuk tetap menjaga ketahanan pangan di kota Malang” – tutur Walikota Sutiaji.

TP PKK Kota Malang sebagai Shadow Government mempunyai tanggung jawab membantu pemerintah untuk ikut menstabilkan perekonomian dalam menangani masalah kerawanan pangan, yang menjadi salah satu penyebab terjadinya stunting di Kota Malang. Dengan upaya medorong, mengembangkan dan membangun, serta menfasilitasi peran serta masyarakat dalam pemenuhan pangan sebagai implementasi pemenuhan hak atas pangan, dengan berusaha ikut turun tangan membantu meredam gejolak inflasi daerah.

Dibutuhkan berbagai inovasi dalam meningkatkan kemampuan rumah tangga dalam memenuhi kebutuhan pangan setiap anggota rumah tangganya dalam jumlah dan mutu yang memadai, aman, halal dikonsumsi dan bergizi seimbang.

TP PKK Kota Malang menginisiasi masyarakatnya untuk berusaha semaksimal mungkin mengupayakan pekarangan dan halaman rumah. Selain itu juga teras rumah yang dimanfaatkan menjadi kebun bersih dengan system tanam melalui polibag, vertical garden, ataupun menggunakan daur ulang sampah kering yang dimanfaatkan sebagai media tanam.

Tak heran, masyarakat Kota Malang dibawah kepemimpinan Walikota Sutiaji pun kini menjadi lebih mandiri dan tidak terpengaruh fluktuasi harga pangan.

“Saya berharap peran TP PKK Kota Malang untuk turut mensukseskan program ini juga dapat ditingkatkan di seluruh kelurahan yang ada di Kota Malang” tutur Sutiaji.

Dengan diraihnya penghargaan ini diharapkan akan semakin memacu seluruh elemen masyarakat di Kota Malang agar dapat terus berkarya dan berinovasi demi suksesnya program urban farming.

Bersama Walikota Sutiaji, ada 4 Gubernur, 16 bupati dan 6 walikota se-Indonesia yang menerima penghargaan KDI 2019 ini pada kategori lainnya yang telah ditetapkan. Untuk wilayah Jawa Timur sendiri, selain Walikota Sutiaji, hanya ada Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf yang juga menerima penghargaan Kepala Daerah Inovatif 2019.

Dalam acara tersebut juga menjadi saksi pesan damai antara bumi Arema kota Malang dengan bumi Cendrawasih, Papua. Bertemunya Walikota Malang Sutiaji dengan Bupati Puncak Papua, Willem Wandik pada acara awarding Kepala Daerah Inovatif yang digelar Sindo di kota Padang (22/8 2019) menjadi oase kedamaian di tengah tengah riuh “masalah” papua.

Dari Kiri Bupati Puncak Papua beserta istri dan sebelah Kanan Walikota Malang bersama Ketua TP PKK Kota Malang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *