AktivitasBeritaPilihan

Spirit Warga Gadang bangun Dapur Umum untuk Warga Insoman

 

MALANG KOTA – Totalitas dan kemandirian warga Kelurahan Gadang, Kecamatan Sukun, Kota Malang dalam membantu pasien isoman (isolasi mandiri) patut diacungi jempol. Apalagi saat ini total ada 101 warga Gadang yang menjalani isoman, baik warga yang telah dinyatakan positif Covid19 atau anggota keluarganya.

Apresiasi datang dari Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kota Malang Widayati Sutiaji. Ia memuji kesigapan warga yang berinisiatif mendirikan dapur umum untuk membantu warga yang sedang melakukan isoman. ”Inisiatif warga Gadang ini luar biasa dalam menunjukkan semangat gotong-royong dan empati sesama warga,” terang Widayati di sela-sela mendampingi Wali Kota Malang Sutiaji menggelar sidak ke dapur umum Kelurahan Gadang.

”Ternyata sangat luar biasa guyub rukun dan gotong-royong dari masyarakat. Mulai dari Lurah, RW, LPMK dan ibu-ibu yang bagian memasak itu luar biasa,” ujar Widayati. Dia menambahkan, sebenarnya warga yang terpapar atau positif Covid-19 di Kelurahan Gadang sebanyak 40 orang. Tetapi, untuk memutus penyebaran, semua keluarga yang kontak erat dengan pasien positif harus melakukan isolasi mandiri.

“Jadi semua keluarga di tracing, total yang mendapatkan bantuan dari dapur umum sebanyak 101 warga yang harus melakukan isoman. Untuk menekan penyebaran Covid-19 ini,” imbuhnya.

Ke depannya, dia juga berharap semangat gotong-royong terus dikuatkan, salah satunya melalui program Urbang Farming yang digagas TP PKK Kota Malang. “Gotong-royong ini sebenarnya sudah mulai luntur. Tetapi, dengan adanya pandemi, semangat gotong-royong mulai bangkit. Spirit yang sama kita bangkitkan, salah satunya lewat kegiatan urban farming di 57 kelurahan yang bergerak bersama-sama untuk menyuburkan program itu (urban farming),” jelas Widayati.

Dalam kesempatan tersebut, Widayati juga menjelaskan salah satu manfaat kegiatan PKK yang membantu supply kebutuhan Kampung Tangguh. “Program urban farming ini sangat bermanfaat untuk RW Tangguh. Karena dari urban farming itu, hasil panennya sudah bisa men-supply program Kampung Tangguh,” tuturnya.

Pewarta: Andika Satria Perdana

Source  : https://radarmalang.jawapos.com/malang-raya/kota-malang/23/07/2021/ketua-tp-pkk-kota-malang-puji-spirit-gotong-royong-warga-gadang/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *