Awali Peringatan HUT RI Ke-78 TP PKK Kota Malang Berkolaborasi bersama Dispangtan dan Dharma Wanita Persatuan

Mengawali peringatan HUT RI Ke-78, Dispangtan Kota Malang berkolaborasi dengan TP PKK & DWP Kota Malang serta berbagai pihak menggelar Lomba Diversifikasi Olahan Ikan & Kampanye Konsumsi Pangan Non Beras Non Terigu Tahun 2023 dan Gebyar GEMARIKAN guna untuk meningkatkan konsumsi akan pangan yang Beragam, Bergizi, Seimbang & Aman (B2SA) serta meningkatkan minat masyarakat untuk makan ikan di Kota Malang bertempat di Halaman Mini Block Office (MBO), Rabu (2/8/2023).

Rangkaian kegiatan dimaksud antara lain adalah Lomba Memasak Ikan Berbahan Baku Pangan Lokal yang diikuti oleh jajaran Pemerintah Kota Malang dan Forkopimda, kemudian ada Lomba Menghias Tumpeng Non Beras Non Terigu diikuti oleh Dharma Wanita Persatuan (DWP) tiap OPD Kota Malang, Lomba Diversifikasi Olahan Ikan yang pesertanya adalah perwakilan kader PKK Kelurahan Kota Malang, dan Gelaran Produk Hasil Perikanan.

Melalui agenda ini diharapkan dapat meningkatkan minat konsumsi masyarakat luas terhadap alternatif sumber karbohidrat lain selain beras dan terigu seperti: singkong, sukun, jagung, dan lain-lain. Serta untuk meningkatkan budaya untuk gemar makan ikan yang kaya akan protein dan zat gizi bermanfaat dengan berbagai kreasi olahannya sehingga menambah kemungkinan percepatan turunnya angka stunting di Kota Malang.

“Karena banyak kemarin saya jumpai kasus di dua kelurahan. Itu rata-rata anak-anaknya tidak mau makan nasi, sehingga karbohidratnya kurang. Nah ini makanya harus ada inovasi dan kreasi dari ibu-ibu, plus juga ada kasus anak-anak yang tidak suka makan ikan. Mungkin karena bau amisnya atau yang lain. Di sini juga kita menghindari ketergantungan kita terhadap beras,” jelas Wali Kota Malang Drs. Sutiaji, seusai mengikuit kegiatan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*