AktivitasBeritaPilihan

Sarasehan Istri Wali Kota se-Indonesia di Jambi

Malang – Sarasehan Istri Wali Kota se-Indonesia di Jambi

Pertama kalinya kegiatan sarasehan ini digelar. Sarasehan Nasional Istri Wali Kota se-Indonesia digelar Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) yang fokus pada kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Istri Wali Kota. Acara ini didukung penuh dan bekerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi.

Ketua TP PKK Kota Malang, ibu Hj. Widayati Sutiaji, S.Sos, MM turut hadir dalam pertemuan perdana kegiatan ini. Beliau diberikan kepercayaan untuk menjadi narasumber acara Sarasehan Istri Wali Kota Seluruh Indonesia di Tanah Pilih Pusako Batuah Kota Jambi yang dilaksanakan pada 23-25 November 2022.

Sebagai istri Walikota tentunya memiliki peran penting untuk mendukung kinerja Walikota dalam membangun daerah baik melalui PKK maupun Dekranasda. Menurut Ketua Dewan Pengurus APEKSI, Bima Arya menyampaikan bahwa, acara ini digagas untuk memperkuat peran para istri dalam pembangunan ketahanan keluarga.

“Istri wali kota ini bukan saja menjadi pendamping suami sebagai wali kota, namun ini lebih kepada melakukan akselerasi perubahan dan pergerakan di kota, utamanya adalah pembangunan ketahanan keluarga,” kata Bima Arya di Hotel BW Luxury, Kota Jambi, Kamis (24/11/2022).

Beliau menegaskan bahwa istri wali kota memegang peranan yang penting dalam pembangunan kota, karena memegang jabatan-jabatan sebagai TP PKK, Ketua Dekranasda, Bunda PAUD, Bunda Literasi, Ketua Kanker dan banyak jabatan lain yang bersinggungan langsung dengan masyarakat.

Beberapa Istri Walikota yakni Ketua TP PKK Kota Jambi, Kota Bogor, Kota Lubuklinggau dan Kota Malang mendapat kesempatan berbagi kisah perjalanan dalam mendukung tugas suami untuk membantu pokok-pokok persoalan seperti halnya UMKM, perekonomian, kesehatan, pemberdayaan masyarakat dan pendidikan.

Harapan dari forum dialog yang dilaksanakan ini, adanya peningkatan kapasitas dan berbagi pengalaman dari berbagai daerah. Isu-isu penting dan strategis bisa menjadi pembelajaran bagi seluiruh daerah. Seperti kiat sukses penguatan peran istri Wali Kota, penguatan kelembagaan pemberdayaan perempuan dan keluarga, pengembangan UMKM dan ekonomi kreatif.

“Perempuan merupakan sosok hebat dan piawai yang memiliki peran penting yang harus dihargai. Yang harus dilakukan perempuan adalah menunjukkan kiprahnya dengan mendalami perannya di bidang apapun. Kegiatan ini juga bertujuan untuk eksplor pemikiran para istri Walikota di Indonesia hingga belajar berinovasi dan mengeksplor kemampuannya. Apa yang di jalani dengan ikhlas ke depan pasti hasilnya maksimal.” ujar – Ketua TP PKK Kota Malang

Ibu Hj. Widayati Sutiaji menjelaskan pula bagaimana hasil program kinerja unggulan ibu-ibu PKK Kota Malang yang telah dilakukan selama ini. Berbagai kegiatan telah dilakukan, yang utamanya dalam penurunan stunting. Selain itu adanya program-program yang telah digalakkan, yaitu Gerbudbute, Samgepunbasa, UMKM dan Fashion Show Hasil karya anak bangsa.

Selain itu beliau juga mengatakan bahwa PKK Kota Malang akan terus berkolaborasi dengan seluruh stakeholder yang ada dalam rangka mendukung suksesnya pembangunan di Kota Malang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *