Honor Guru PAUD Akan Segera Naik

Lowokwaru (malangkota.go.id) – Ada kabar baik bagi sekitar 2.700 guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kota Malang. Pasalnya honor mengajar mereka akan segera dinaikkan pada tahun 2024 mendatang, dari Rp600 ribu menjadi Rp1 juta setiap bulannya. Sebenarnya kenaikan honor ini direncanakan tahun 2019 lalu, namun terkendala adanya pandemi Covid-19 pada tahun 2020, sehingga pelaksanaannya tertunda karena alokasi anggaran direfocusing untuk menangani pandemi.

Hal itu ditegaskan Ketua Bunda PAUD Kota Malang yang juga istri Wali Kota Malang Widayati Sutiaji dalam acara program pemberdayaan bunda PAUD se-Kota Malang di Taman Krida Budaya Jawa Timur (TKBJ) Kota Malang, Rabu (21/6/2023). Pihaknya pun mengimbau para guru PAUD agar bersabar dan bisa memaklumi kondisi tersebut.

“Namun kami sangat bangga dan salut, meski honornya tidak besar, namun para guru ini perjuangan dan pengorbanannya besar. Mereka pantang menyerah dan selalu memberikan yang terbaik guna turut melahirkan generasi bangsa yang sesuai harapan bersama,” imbuh perempuan berhijab itu.

Selama ini, Widayati mengatakan pihaknya selalu dan terus memperjuangkan besaran honor guru PAUD ini agar dinaikkan oleh Pemkot Malang, mengingat apa yang mereka lakukan sangat berarti. “Saya sudah bilang ke pak wali, dan bisa dipastikan honor akan naik dan diberikan tahun depan. Jadi mohon bersabar dan doakan agar apa yang kami perjuangkan ini bermanfaat,” imbuh perempuan yang juga merupakan Ketua TP PKK Kota Malang itu.

Menurutnya, PAUD sangat penting karena akan menjadi salah satu pondasi tumbuh kembang anak di masa depan. “Maka dari itu para guru PAUD, ayo kita selalu memberikan yang terbaik saat mengajar,” ajak Widayati.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang, Suwarjana mengaku turut senang dan mengucapkan terima kasih kepada Pemkot Malang, khususnya Ketua Bunda PAUD Kota Malang yang selama ini terus memperjuangkan nasib para guru PAUD ini. “Alhamdulillah, ini juga berkat doa kita bersama dan harus kita syukuri,” sambungnya.

“Di Kota Malang setidaknya ada sekitar 2.700 guru PAUD, sehingga kemungkinan nantinya akan ada alokasi anggaran Pemkot Malang yang akan digelontorkan sekitar Rp27 miliar. Namun kami akan melakukan pendataan ulang agar ada data yang valid dan tepat sasaran,” pungkas Suwarjana. (say/yon)

sumber berita: https://malangkota.go.id/2023/06/21/honor-guru-paud-akan-segera-naik/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*