Lestarikan Busana Tradisional, TP PKK Gelar Lomba Berkebaya

Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Malang senantiasa memberikan ruang gerak untuk melestarikan warisan budaya Indonesia. Salah satunya melalui Lomba Berkebaya Modern oleh para kader PKK di Gedung Kartini Kota Malang, Jumat (10/3/2023).

Ketua TP PKK Kota Malang, Widayati Sutiaji, S.Sos, MM dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini serta kepada para peserta yang berpartisipasi dalam Lomba Berkebaya Modern.

Widayati mengungkapkan latar belakang lomba ini adalah untuk melestarikan kebaya sebagai salah satu warisan budaya Indonesia yang sarat makna.

“Kebaya mempunyai filosofi, bentuknya menyesuaikan bentuk tubuh wanita, melambangkan wanita yang bisa menyesuaikan diri dalam berbagai suasana, keadaan dan budaya secara lemah lembut dan luwes. Perempuan berkebaya terlihat anggun dan memancar aura kewanitaanya,” urainya.

Lomba Berkebaya Modern ini diikuti oleh para kader PKK dari seluruh kelurahan di Kota Malang. Lomba kali ini pun menetapkan syarat yang unik dan tak biasa, yakni peserta minimal berusia 50 tahun dengan berat badan minimal 70 kilogram.

“Kegiatan lomba berkebaya ini merupakan momentum yang luar biasa. Kita jadikan seluruh perempuan menjadi perempuan yang maju, mandiri, kreatif dan berinovasi,” ungkapnya.

Lebih lanjut perempuan berhijab itu mengungkapkan Lomba Kebaya Modern merupakan rangkaian Malang City Expo 2023. Ia berharap melalui lomba ini dapat meningkatkan daya tarik pengunjung dan meningkatkan roda perekonomian.

Saat lomba berlangsung, para peserta lomba pun terlihat tampil anggun berlenggak lenggok di atas panggung dengan luwesnya. Kebaya yang dikenakan pun tampak cantik dan modis. Usai dilakukan penilaian, keluar sebagai pemenang lomba adalah perwakilan kader PKK dari Kelurahan Kotalama, diikuti oleh perwakilan kader dari Kelurahan Madyopuro sebagai juara kedua dan Sawojajar sebagai juara ketiga.

Pada kesempatan ini, TP PKK Kota Malang melalui UMKM binaan di Rumah Solusi juga turut memeriahkan Malang City Expo 2023. Puluhan produk unggulan Kota Malang dipamerkan, mulai dari kain batik Malangan, bunga telang kering, kue kering hingga hasil kerajinan khas Kota Malang. Hadirnya Rumah Solusi ini juga menjadi wadah bagi produk-produk UMKM Kota Malang agar bisa mempunyai pasar yang lebih luas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*