Sambut Idul FItri, BI Buka Layanan Penukaran Uang Baru di Gedung Kartini

Dalam rangka menyambut Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriah, Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Malang berkolaborasi dengan delapan Perbankan Umum dan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang menggelar layanan penukaran uang baru di Gedung Kartini Kota Malang, Sabtu (8/4/2023). Penukaran mulai dilaksanakan dari 8 sampai 13 April pukul 08.00 WIB hingga 11.00 WIB.

Acara dimulai dengan pemotongan pita dan pelepasan balon oleh Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji dan Kepala KPw BI Malang Samsun Hadi, yang disaksikan oleh Ketua TP PKK Kota Malang Widayati serta kepala perbankan yang hadir.

Wali Kota Malang Sutiaji menyampaikan bahwa masyarakat tidak perlu khawatir karena telah disiapkan uang sebesar Rp4,6 triliun untuk layanan penukaran uang baru untuk kebutuhan Lebaran 1444 H.

“Ini merupakan kerja sama yang baik yang mampu meminimalisir peredaran uang palsu, dan juga tindak kejahatan lainnya karena tidak bisa menjamin bahwa uang yang diedarkan bisa dijaga,” ungkapnya.

Selain itu, Sutiaji menyampaikan apresiasi dan merasa bangga dengan diselenggarakannya kegiatan ini, mengingat ekonomi Kota Malang sempat mengalami penurunan akibat efek pandemi global Covid-19.

Untuk mengantisipasi animo masyarakat yang tinggi, pihak penyelenggara akan membatasi kuota antrean. Per hari hanya melayani 1.600 penukar .Setiap penukar diwajibkan membawa KTP masing-masing. Satu KTP berlaku untuk satu kali penukaran selama periode berlangsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*