Ketua TP PKK Kota Malang Raih Penghargaan Perempuan Inspiratif Pegiat Ekonomi Kreatif Berbasis Budaya

Berkat kinerja dan dedikasi melalui berbagai program dan inovasi, Ketua TP PKK Kota Malang Hj. Widayati Sutiaji, S.Sos, MM meraih penghargaan di ajang Augerah Inspiratif Festival 6 Indonesia 2023 untuk kategori nominasi Perempuan Inspiratif Pegiat Ekonomi Kreatif Berbasis Budaya, di Jakarta, Sabtu (8/7/2023).

Penghargaan ini dianugerahkan kepada Ketua TP PKK Kota Malang karena dinilai sebagai sosok yang memberikan kontribusi dalam penguatan ekonomi kreatif melalui UMKM berbasis budaya, pelestarian flora bernilai ekonomi, dan pelestarian budaya melalui fesyen.

Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kota Malang menyampaikan rasa syukur atas diraihnya penghargaan tersebut. “Terima kasih atas penghargaan ini. Semoga ini dapat menjadi inspirasi bagi ibu-ibu dan seluruh perempuan di manapun, khususnya Kota Malang. Sesungguhnya perempuan bisa ikut terlibat dalam mewujudkan masyarakat yang aktif, produktif dan menuju Kota Malang yang bermartabat,” tutur Widayati dalam siaran persnya Minggu.

“Pemerintah Kota (Malang) sangat berkomitemen mendukung apa yang menjadi isu prioritas nasional, diantaranya stunting, penanganan kemiskinan serta ketahanan pangan. Maka dari itu Pemkot Malang dan Tim Penggerak PKK beriringan berupaya melalui berbagai program dan inovasi membangun Kota Malang,” ungkapnya lebih lanjut.

Disebutkan olehnya, program dan inovasi tersebut diantaranya adalah program Gerbudbute (Gerakan Budidaya Bunga Telang) dan Urban Farming. Dijelaskannya, ada 3 esensi dari program Gerbudbute dan Urban Farming ini yaitu tangguh kesehatannya, tangguh ekonominya, dan tangguh sosialnya.

“Beragam upaya dilakukan Pemkot Malang bersama TP PKK untuk menyukseskan program ini, diantaranya  menguatkan kebijakan hexa helix. Teman-teman perbankan dan sektor jasa keuangan kami ajak dan libatkan secara aktif terkait dengan permodalan. Perumda Tunas juga kami gandeng untuk pemasarannya,” terang Widayati.

Dalam rangka penguatan UMKM di Kota Malang, Ketua TP PKK Kota Malang dinilai memberikan kontribusinya melalui pelaksanaan Gebyar UMKM yang berjalan lancar dan sukses oleh Dekranasda yang diikuti kelompok UMKM, dan masyarakat melalui pendekatan budaya tradisional.

Widayati Sutiaji turut aktif dalam pelestarian budaya melalui fesyen dengan bekerjasama dan berintegrasi dengan Diskopindag Kota Malang untuk memajukan industri fesyen Kota Malang. Seperti mengadakan lomba pertunjukan fesyen yang memadukan corak, motif tradisional dan busana kontemporer khas Kota Malang.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*